Tuesday, October 11, 2016T9:50:00 PM

Petunjuk Membuat Postingan / Artikel di blog

Membuat postingan adalah hal yang paling di utamakan dalam setiap website / blog. Sangatlah aneh bila suatu blog tidak memiliki artikel dalam website-Nya. Untuk itu bagi pembaca sekalian yang masih pemula dalam dunia blogging. Dan belum tahu secara pasti atau masih bertanya tanya tentang cara membuat postingan / artikel di blog. Mari simak pembahasan dibawah ini :

Artikel di blog merupakan suatu konten yang sangat bernilai dalam kualiatas blog yang profesional. Sebuah blog dikatakan  bagus ialah memiliki artikel yang berkualitas serta original. Sehingga banyak pengunjung yang senang dengan konten yang dibuat.

Petujuk Membuat Postingan / Artikel di blog

1. Pertama, silahkan anda login dulu di http://blogger.com , kemudian buka blog anda. Akan terlihat seperti tampilan di bawah ini :
Untuk membuat postingan, anda bisa mengklik (1) gambar pensil dan (2) Entri baru. Laman untuk membuat postingan anda sudah terbuka, sekarang bagi yang masih bingung cara menggunakannya , akan saya beritahu lewat petunjuk gambar di bawah ini. Perhatikan !!


keterangan gambar Icon dalam membuat arikel  :

  1. Judul pos : Dibagian ini, silahkan di isi dengan judul artikel yang akan anda buat , Misalnya anda ingin membuat artikel tentang peredaran narkoba di indonesia, judulnya bisa " Hati hati ! narkoba berbahaya ", " Ini dia faktar menakjubkan narkoba " dll
    Note : Jangan membuat judul yang panjang, efektifkan kata kata, buatlah judul yang menarik dan kreatif.
  2. Tombol Undo : Undo berfungsi mengembalikan kejadian sebelumnya, misalnya anda tidak sengaja menghapus semua artikel anda, dan anda ingin mengembalikannya seperti semula, maka tinggal di klik tomblol undo.
  3. Redo : Tombol ini berfungsi membatalkan fungsi undo, misalnya setelah anda mengetik artikel, ternyata ada kesalahan, sehingga anda ingin menghapus sebagian lalu anda mengklik tombol undo, karena menekan tombol undonya beberapa kali, akhirnya malah semua tulisan hilang, nah untuk mengembalikan / membatalkan fungsi undo, anda mengklik tombol redo.
  4. font : jenis huruf, untuk menambah keindahan tulisan artikel, anda bisa mnggunakan fitur ini, dengan cara mengganti jenis text, ada berbagai pilihan text yang bisa anda pakai , seperti : arial, Georgia, Courier , times, dan lain lain.
  5. Font Size : mengubah ukuran text ( smalest to - Largest )
  6. Format : untuk membuat heading di dalam postingan / Judul di dalam artikel.
  7. Bold : Untuk mebalkan tulisan ( mislanya, Media Salam Pedia )
  8. Italic : untuk membuat tulisan menjadi miring ( SALAM PEDIA )
  9. Underline : untuk membuat garis di bawah tulisan ( MEDIA SALAM PEDIA )
  10. Strikethrough : Untuk membuat suatu tulisn menjadi bergaris ( BLOG UPDATED )
  11. text Color : Mengubah warna text ( SALAM , PEDIA , MEDIA )
  12. Text background Color : Untuk memberikan warna background dibelakang text ( SALAM )
  13. Add / remove link : Untuk menambah link tertentu dalam text atau menghapusnya ( PEDIA )
  14. Insert image : Menambah gambar kedalam postingan
  15. Inser a video : untuk menambahkan sebuah video
  16. Insert jump break : Berfungsi untuk memotong artikel di halaman utama , sehingga akan nampak Read more , jika anda memiliki template yang Autoreadmore maka icon tombol ini bisa sedikit diabaikan
  17. Alignment : Membuat rataan text untuk mengatur pharagraph.
  18. Numbered list : Untuk membuat list daftar angka
  19. Bullet list : Untuk membuat list dengan titik bulat berwarna hitam
  20. Quote : Untuk memberikan keterangan terhadap kata kata tertentu, dan berbeda dengan biasanya.
  21. Remove Formatting ; Menghapus format yang telah ditambahkan pada postingan.
  22. Check Spelling : Digunakan untuk mengecek grammar ( biasanya digunakan untuk artikel yang berbahasa inggris )
  23. Label : Pilihlah beberapa kategori yang sesuai dengan artikel anda
  24. Jadwal : Bila setelah selesai memuat artikel di blog , anda ingin langsung mempublikasikannya, silahkan dalam bagian jadwal anda pilih Otomatis. Tapi bila anda ingin membuat artikel untuk diterbitkan minggu depan atau kapan saja, pilih Setel tanggal dan waktu, dan tentukan tanggal penerbitan artikel anda.
  25. Tautan permanen : Silahkan lihat link postingan anda , bila anda ingin mengubah alamat / Url postingan anda , pilih tautan permanen khusus lalu buatlah url artikel anda, 
  26. Prantijau : Untuk melihat tampilan sementara postingan anda sebelum di terbitkan.
  27. Simpan : untuk menyimpan artikel anda.
  28. Publikasikan : untuk menerbitkan hasil artikel anda di blog.

 2. Selanjutnya, setelah anda mengetahui petunjuk cara membuat postingan / artikel di blog. anda mulai menulis artikel pilihan anda, lalu klik Publish , atau simpan terlebih dahulu.

Sekian postingan tentang petunjuk membuat postingan / artikel di blog, bila anda masih belum paham. Silahkan tanyakan kepada kami lewat form komentar di bawah ini.

0 Response to "Petunjuk Membuat Postingan / Artikel di blog"

Post a Comment

Silahkan berkomentar di kotak komentar di bawah ini